Dikti Apresiasi Program 1000 Wirausaha Muda USK

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) memberikan apresiasi terhadap upaya Universitas Syiah Kuala dalam mewujudkan lahirnya wirausahawan di kalangan mahasiswa melalui program 1000 Wirausaha Muda USK.
Hal tersebut disampaikan oleh Plt. Sekretaris Dikti Prof. Tjitjik Sri Tjahjandarie, Ph.D saat menghadiri peluncuran program 1000 Wirausaha Muda USK di Aula FMIPA USK. (Banda Aceh, 17 Maret 2023).
Prof. Tjitjik menjelaskan, fokus utama pembangunan ekonomi berkelanjutan atau Sustainable Deveopment Goals (SDGs) adalah, penguatan struktur ekonomi kreatif melalui peningkatan sdm dan usaha kreatif. Maka dirinya menilai, program 1000 wirausaha muda USK ini merupakan langkah yang sangat sistematik dan strategik. Sebab wirausaha adalah ujung tombak keberhasilan Indonesia dalam membangun SDGs tersebut.
Oleh sebab itu, dirinya sangat mengapresiasi inisiatif USK yang telah menggagas program seperti ini secara mandiri. Apalagi sebelumnya, USK sudah meluncurkan program MBKM USK Unggul. Menurutnya, program seperti ini sangatlah membantu pemerintah dengan sumber dayanya yang terbatas.
“Jadi kami sangat mengapresiasi. Agar program seperti ini bisa sustainable, memang harus diinternalisasikan oleh perguruan tinggi,” ucapnya.
Plh Rektor USK Prof. Dr. Ir. Agussabti, M.Si mengatakan, sejarah telah mencatat bahwa jiwa saudagar telah menjadi jati diri Aceh. Hanya saja, seiring perkembangan zaman, kader-kader saudagar ini mulai berkurang.
Selain itu, tantangan dunia kerja sekarang juga semakin sulit, seiring semakin sempitnya peluang menjadi PNS. Oleh sebab itu, USK ingin mengubah habits mahasiswa dan alumni dari pencari kerja baru menjadi pencipta lapangan kerja sehingga mengubah orientasi dari ingin berpendapatan tetap (PNS) menjadi tetap berpendapatan (wirausaha). Inilah salah satu alasan USK melaunching 1000 wirausaha muda USK secara mandiri
Direktur Direktorat Prestasi dan Kewirausahaan USK Dr. Ir. Rahmat Fadhil, S.TP., M.Sc mengatakan, program ini adalah bentuk komitmen USK untuk mencapai Indikator Kinerja Utama (IKU) Universitas, serta mendukung visi USK yaitu menjadi universitas sosio-teknopreneur yang inovatif, mandiri dan terkemuka di tingkat global.
Untuk mendukung program ini, USK menggulirkan pengembangan mata kuliah entrepreneurship baik itu kurikulum maupun tenaga pengajarnya. Selanjutnya, USK menyediakan skema kompetisi untuk mendukung semangat wirausaha bagi mahasiswa.
Ada tiga skema kompetisi yang USK tawarkan. Pertama, Wirausaha Pemula Mahasiswa USK (WMPU) yaitu untuk mahasiswa yang baru merintis usahanya. Kedua, Kegiatan Berwirausaha Mahasiswa USK (KBMU) yaitu mahasiswa yang telah menjalankan usahanya namun membutuhkan dukungan pendanaan.
Ketiga, Akselerasi Start-up Mahasiswa USK (ASMU) yaitu skema pendanaan wirausaha digital untuk mahasiswa. Untuk ini, USK akan terus menjalin dan memfasilitasi kerjasama dengan berbagai mitra, baik pemerintah, swasta, maupun investor lainnya.
Untuk semakin memperkuat program 1000 wirausaha muda USK ini, juga di dikembangkan beberapa kegiatan tambahan seperti praktisi mengajar, mentoring bisnis, expo kewirausahaan dan rekognisi kegiatan kewiraushaan sebagai kegiatan MBKM.

Baca Juga :  ISI Yogyarta dan Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) Selenggarakan e-Seminar dengan Tema “Komersialisasi Seni Digital”
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
774 Views