Bimtek dan Pembuatan Motif Thengul Sebagai Ikon Khas Bojonegoro

Kabupaten Bojonegoro sejak tahun 2017 menjalin kerjasama dengan ISI Yogyakarta. Kerjasama ini ditindaklanjuti dengan berbagai macam kegiatan. Salah satu kegiatan yang belum lama dilaksanakan adalah penciptaan ikon khas Kabupaten Bojonegoro pada tahun 2020-2021.

Kegiatan ini diawali dengan Pelatihan Pembuatan Produk Souvenir Khas pada bulan September 2020 dan dilanjutkan dengan Pelatihan/Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Pelaku Ekonomi Kreatif Sub Sektor Kriya pada bulan April 2021. LPPM ISI Yogyakarta menugaskan Agung Wicaksono, M. Sn. dan GandarSetiawan, M. Sn. sebagai narasumbernya.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan proses perancangan ikon khas oleh Agung Wicaksono, M.Sn. yang mengambil Tari Thengul sebagai inspirasinya. Ikon khas ini kemudian dicatatkan Hak ciptanya ke Kemenkumham oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro. Ikon khas ini dicatatkan dengan jenis ciptaaan seni motif yang berjudul motif thengul, nomor 000256467, dan diterbitkan pada tanggal 2 Juni 2021.

Baca Juga :  FTUI Buka Program Studi Baru Untuk Jenjang Sarjana Paralel

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro mengapresasi bentuk kerjasama ini. Beliau juga menyampaikan penghargaan kepada Pusat Kewirausahaan dan Pariwisata LPPM ISI Yogyakarta.

Harapannya dengan ikon khas ini akan mendorong pengembangan ekonomi kreatif dengan memanfaatkan produk-produk budaya lokal.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
138 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x