Berlayar Bersama, Dosen Unpad dan BPPT Ambil Data Lapisan Bawah Laut

[Kanal Media Unpad] Sejumlah dosen Universitas Padjadjaran bersama Balai Teknologi Survei Kelautan, salah satu unit kerja dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melakukan survei pengambilan data lapisan bawah laut di kawasan perairan Pulau Harapan, Kepulauan Seribu, 26 – 27 November 2021.

Survei dilakukan melalui kegiatan berlayar bersama menggunakan Kapal Riset Baruna Jaya VI BPPT dari pelabuhan Muara Baru, Jakarta. Pada kegiatan tersebut, tim Unpad didampingi sejumlah tim BPPT dengan koordinator kapal Djoko Nugroho, M.T.

Sementara tim Unpad terdiri dari dosen Fakultas Teknik Geologi: Dr. Cipta Endyana, MT.,  Dr. Ir. Iyan Haryanto, M.T., Dr. Ir. Johanes Hutabarat, M.Si., Dr. Ir. Emi Sukiyah, MT., dan Aldrin Ramadian M.Sc.; serta satu dosen dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Mudiyati Rahmatunnisa, M.A., PhD.

Baca Juga :  LKST IPB University Lakukan Pendampingan Penyusunan Proposal Kedai Reka untuk Para Inovator

Dalam rilis yang diterima Kanal Media Unpad, Cipta menjelaskan, BPPT sebagai lembaga yang melaksanakan aktvitas pelayanan teknologi survei dan observasi kelautan mengundang Unpad untuk ikut serta dalam pengambilan data lapisan bawah laut menggunakan instrumen Sub Bottom Profiler.

Selain itu, tim juga melakukan pengambilan sampel endapan laut dengan menggunakan metode gravity core. Nantinya, sampel ini akan digunakan untuk memvalidasi data hasil rekaman Sub Bottom Profiler. Data tersebut dapat menjadi bahan kajian dan riset di bidang geologi kelautan.

Cipta menjelaskan, ke depan, Unpad melalui FTG ingin berkolaborasi kembali dalam melakukan data berdasarkan data dari BPPT. “Dari data ini, FTG Unpad dapat mengembangkan riset geologi kelautannya,” ujarnya.*

Baca Juga :  Nusantara Berkisah MAC UI Tampilkan Pahlawan Dalam Laku Lain
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
383 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x