BEM FPIK IPB University Kenalkan Potensi Perikanan dan Kelautan Indonesia ke Siswa SMA

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (BEM FPIK) IPB University bersama Dekanat FPIK menggelar kegiatan E-ctuari dengan tema “Mengenal FPIK-IPB University Lebih Dekat”, akhir pekan lalu. Kegiatan daring ini diikuti para siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) dari berbagai daerah di Indonesia.

“Hal yang sering kali membatasi kita adalah kurangnya informasi saat kita mau memilih sesuatu. Pada dasarnya kita memilih karena kita punya informasi. Kegiatan ini merupakan alternatif informasi yang bisa menjadi pertimbangan bagis siswa SMA untuk memilih perguruan tinggi. Sumberdaya Alam (SDA) di bumi terdapat ribuan, jutaan bahkan tak terhingga, semua tidak akan habis jika tidak ada yang bisa dimanfaatkan sampai hari akhir. FPIK menawarkan satu sisi yakni dari dunia perikanan, perairan dan kelautan. Kita ketahui, kawasan Indonesia merupakan replika kondisi dunia, dimana bumi itu sendiri 70 persennya adalah perairan, persis seperti Indonesia. Tetapi masih banyak yang belum digarap karena sedikitnya informasi yang didapatkan masyarakat tentang dunia perairan,” jelas Dr ImFerdinan Yulianda selaku Dekan FPIK IPB University.

Baca Juga :  MAHASISWA UI RAIH PENDANAAN KEMENDIKBUD RISTEK RI BERKAT BUKU POP-UP ANAK TENTANG MITIGASI BENCANA ALAM

Kegiatan ini menghadirkan alumnus FPIK, Fauzan Feisal, SPi, MiB selaku Partner Lead ITDRI Telkom, CEO Amoeba Telkom, CEO Tokoikanku dan CEO Bogorian Aquatics, yang menceritakan perjalanan hidupnya, mulai dari memilih FPIK dan juga perjalanan karirnya.

“FPIK IPB University ini sangat luar biasa dan saya sangat excited ketika mengetahui dan memilih jurusan ini. Walau merasa minder ketika lulus cita-cita saya jauh dengan jalan yang saya ambil namun pada akhirnya saya tetap bisa mengaplikasikan ilmu yang saya dapat selama perkuliahan. Jadi buat teman-teman buat target saja dulu. Walau tidak langsung nanti semesta pasti akan mengarahkan lika-likunya kepada target yang kita mau,” ujarnya.

Baca Juga :  101 Mahasiswa FKIP Untad Ikuti Program Kampus Mengajar Angkatan I

Selain alumni, kegiatan ini juga menghadirkan Duta Institut dari FPIK, Ande Re Brata yang mempresentasikan FPIK, mulai dari program studi atau departemen, mata kuliah yang dipelajari, lulusan-lulusan sukses dan juga kerjasama yang sudah terjalin antara FPIK dengan Universitas Luar Negeri untuk melakukan exchange. Ande juga menjelaskan terkait jalur masuk IPB University.

Sementara itu, Febri Maulana selaku Koordinator Eksekutif BEM FPIK juga sempat memperkenalkan Organisasi Mahasiswa  (Ormawa) yang bisa menjadi pilihan untuk mengembangkan soft skill di FPIK. Seperti Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), BEM, Fisheries Diving Club (FDC), Forum Keluarga Muslim FPIK (FKMC), Persembahan Oseanografi (Poseidon), Himpunan Mahasiswa Akuakultur (Himakua), Himpunan Mahasiswa Budidaya Perairan (Himasper), Himpunan Mahasiswa Teknologi Hasil Perikanan (Himasilkan), Himpunan Mahasiswa Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan (Himafarin) dan Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan (Himiteka). (Nanda/Zul)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
368 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x