Angkat Budaya Bali, Tim Undiksha Raih Juara I LKTI Nasional

Singaraja- Masa pandemi nampaknya bukan penghalang bagi mahasiswa Undiksha untuk terus berprestasi. Penghargaan tingkat nasional kali ini datang dari Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Nasional IDEA #4 Tahun 2021 yang diadakan oleh Universitas Negeri Jakarta. Lomba yang berlangsung dari tanggal 15 Februari – 17 April 2021 tersebut berhasil mengantarkan Tim Undiksha menjadi Juara I. Karya yang ditampilkan berjudul kajian etnomatematika jejahitan tradisional Bali sebagai konteks pembelajaran digital multimodal pada materi bangun datar untuk optimalisasi pembelajaran bermakna di masa dan pasca pandemi covid-19.

Tim Undiksha yang terdiri dari Ida Bagus Kade Hendra Adi Wirawan, Putu Wia Rosita Dewi, dan Kadek Dwiki Juliantara dari Jurusan Matematika. Pemilihan judul tersebut untuk mengangkat kebudayaan Bali khususnya jejahitan Bali yang digunakan sebagai bahan untuk mengajarkan materi bangun datar. “Dimana kajian ini mengangkat mengenai budaya bali khususnya jejahitan Bali yang digunakan sebagai bahan untuk mengajarkan materi bangun datar pada pembelejaran matematika sehingga siswa lebih mudah memahami dan mengkonstruksi materi yang didapat disekolah dengan pengimplementasian dari matematika (realistik),” ujar Hendra Adi Wirawan selaku ketua tim, Rabu (4/8/2021).

Pada kompetisi ini, terdapat 163 tim yang turut serta, berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Keberhasilan meraih prestasi gemilang ini tentunya tidak terlepas dari dukungan dan bimbingan dosen, I Putu Pasek Suryawan,S.Pd, M.Pd. Selain itu juga berkat kerja keras dan persiapan yang matang selama kurang lebih 2 bulan. “Kesannya sangat kaget sekaligus bangga karena bisa meraih juara 1 melawan ratusan peserta dengan karya-karya yang menakjubkan dari berbagai universitas terbaik. Bisa menampilkan karya yang maksimal walaupun banyak kendala akibat keterbatasan jarak di masa pandemi,” ungkapnya.

Semangat yang mereka miliki untuk mengharumkan nama Undiksha sepertinya tidak terlepas dari pengalaman sebelumnya. Tim ini sempat mengikuti berbagai jenis kompetisi. Seperti ketua Hendra Adi Wirawan yang juga sempat menjadi Runner Up I Teruna KMHD YBV Undiksha, pernah meraih Juara I Lomba Dharma Wacana tingkat Kabupaten Jembrana tahun 2020. Sedangkan Wia Rosita Dewi pernah meraih juara 2 Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional Gematika UIN Sunan Ampel Surabaya tahun 2020, best esai dalam Lomba Debat Aklamasi Tahun 2019, KBMI didanai Kemendikbud Tahun 2021, PMW didanai lembaga tahun 2020, Juara 1 Scientific Esai Competition Tingkat Nasional Universitas I Gusti Bagus Sugriwa Tahun 2021 dan berbagai penghargaan lainnya. Anggota lainnya yakni Dwiki Juliantara pernah meraih juara I National Business Plan Competition Universitas Indonesia Tahun 2019, juara I Lomba Mini Newspaper Se Bali Tahun 2019, juara 3 National Mathematics Essay Competition Tahun 2020 yang diselenggarakan Universitas Sanata Darma dan juara I Lomba Microlearning yang diadakan oleh Universitas Pendidikan Indonesia.

Atas capaian yang pernah diraih membuat mereka semangat untuk terus berkarya dan mencoba hal baru agar mampu keluar dari zona nyaman, serta tetap produktif dimasa pandemi guna mengharumkan nama Undiksha. “Hal yang memotivasi kami adalah bagaimana terus berkarya dan mencoba hal baru sekaligus keluar dari zona nyaman guna mengasah dan melatih diri untuk terus produktif di masa pandemic sekaligus membawa nama lembaga di kancah nasional,” ujarnya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Hubungan Masyarakat Undiksha, Prof. Dr. I Wayan Suastra, M.Pd., mengaku bangga atas capaian mahasiswa Undiksha di masa pandemi Covid-19. Semangat untuk berprestasi dinilai sangat luar biasa. Hal ini diharapkan dapat terus dipertahankan maupun ditingkatkan dalam rangka meningkatkan daya saing diri maupun universitas. (hms)

Baca Juga :  MAC UI dan Ditjen Kebudayaan Pentaskan Seni Sarandaro Papua Barat, Ajak Generasi Muda Kenali Budaya Nusantara
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
178 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x