Urban Hydroz, Mobil Listrik Hemat Energi Inovasi Mahasiswa UGM

Jakarta – Urban Hydroz mobil listrik hemat energi karya inovasi Tim SEMAR UGM tampil pada Pameran Riset dan Inovasi Haktenas 2023 di Plaza Tenggara Gelora Bung Karno pada 11-13 Agustis 2023.

Mobil yg menyabet juara satu pada kompetisi Shell Eco Marathon cabang lomba Autonomous Programming Competition (APC) 2023 ini mengusung konsep urban, yaitu jenis kendaraan yang didesain dan dibuat sedemikian rupa menyerupai untuk penggunaan di area perkotaan di masa depan.

“Urban Hydroz merupakan kendaraan hemat energi yang mengusung urban concept, yaitu jenis kendaraan yang dibuat sedemikian rupa untuk menyerupai sebuah city car yang mampu digunakan hingga masa depan,” ujar Fikri, salah satu anggota Tim SEMAR UGM.

Lebih lanjut Fikri menjelaskan keistimewaan Urban Hydroz yang sepenuhnya bebas emisi dan ramah lingkungan. Urban Hydroz dikembangkan berbahan bakar hidrogen yang menurut hasil penelitian sangat hemat bahan bakar.

Bukankah Urban Hydroz itu kendaraan listrik? Mengapa masih memakai bahan bakar?

Baca Juga :  1

Jadi, energi listrik untuk penggerak Urban Hydroz dihasilkan dari reaksi antara hidrogen dengan oksigen di dalam sel bahan bakar. Selain menghasilkan listrik, reaksi ini menghasilkan emisi berupa air murni.

“Air murni ini merupakan emisi satu-satunya yang dihasilkan Urban Hydroz. Jadi bisa dibilang kendaraan ini sepenuhnya bebas emisi dan ramah lingkungan,” ungkap Fikri.

Setelah berhasil menciptakan inovasi mobil hemat energi bertenaga hidrogen dengan berbagai torehan prestasi yang menyertainya, Tim SEMAR UGM tidak serta merta puas. Dengan antusias, Fikri menyampaikan adanya terobosan lanjutan yang akan mereka hadirkan dalam bentuk kendaraan berbobot ringan.

“Kita akan merancang kendaraan yang sangat aerodinamis. Kita akan terus memangkas berat kendaraan. Melalui pemangkasan berat kendaraan, dapat dihasilkan efisiensi yang lebih baik,” tegas Fikri.

Sementara itu Hannan yang juga anggota Tim SEMAR UGM mengapresiasi langkah Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi yang memberi kesempatan Tim SEMAR UGM tampil dan memamerkan Urban Hydroz di ajang Pameran Riset dan Inovasi Hakteknas 2023. Ajang ini diharapkan dapat menjadi sarana edukasi dan pencerahan kepada masyarakat tentang kompetisi mobil hemat energi di masa depan dan potensi penggunaan teknologi hijau yang ramah lingkungan khususnya di bidang transportasi.

Baca Juga :  Ciptakan Ekosistem Riset dan Inovasi melalui Kolaborasi BUMN dan Perguruan Tinggi

“Masyarakat saat ini masih asing dengan SEMAR. Apa itu lomba-lomba seperti Shell-Eco Marathon, seperti apa lombanya dan apa diikutsertakan dalam lomba ini. Publik mengira mobil hasil inovasi kami itu mobil balap. Jadi kami mengapresiasi kegiatan Pameran Riset dan Inovasi Hakteknas 2023. Ajang seperti ini sangat diperlukan untuk diseminasi hasil inovasi mobil hemat energi yang mengadopsi teknologi hijau dan ramah lingkungan,” ujar Hannan.
(YH/DZI/FH/DH/NH/SH/MSF)

Humas Ditjen Diktiristek
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman : www.diktiristek.kemdikbud.go.id
FB Fanpage : @ditjen.dikti
Instagram : @ditjen.dikti
Twitter : @ditjendikti
Youtube : Ditjen Diktiristek
E-Magz Google Play : Satu Dikti
Tiktok : Ditjen Dikti

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 1.00 out of 5)
Loading...
1765 Views