Tingkatkan Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa Lewat KMI Expo XIII 2022

Surabaya – Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo XIII 2022 yang diselenggarakan di Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur, resmi ditutup pada hari Jumat (25/11). KMI Expo XIII 2022 telah diikuti peserta sebanyak 292 yang terdiri dari perguruan tinggi negeri, perguruan tinggi swasta, dan DUDI (Dunia Industi Dunia Usaha), serta komunitas yang ada di area Surabaya. Selain itu, terdapat kompetisi pendukung yang diikuti total sebanyak 1.367 peserta yang terdiri dari 527 peserta kompetisi pendukung business model canvas, 446 peserta poster-katalog usaha, 237 peserta promosi sosial media, dan 157 peserta mading 3D kewirausahaan.

Sri Gunani Pratiwi selaku Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi para peserta untuk bisa terus membangun potensinya sebagai calon-calon wirausaha, serta menjadi pengusaha-pengusaha handal di Indonesia yang mampu membawa Indonesia lebih maju untuk menjadi Indonesia emas ke depannya.

Pasalnya, menurut Sri, kemajuan dari sebuah bangsa itu ditentutukan dari jumlah wirausaha, pada beberapa negara maju rata-rata wirausaha 12-14 persen, sementara jumlah wirausaha di Indonesia masih sangat kecil yakni 3 persen.

Baca Juga :  Ditjen Diktiristek Tingkatkan Peluang Pengembangan Kompetensi Lulusan melalui Kerja Sama Indonesia dengan Kanada

“Jadi negara kita masih sangat membutuhkan wirausaha-wirausaha yang diharapkan mampu untuk membangun ekonomi bangsa dengan mengelola potensi bangsa kita yang luar biasa,” tutur Sri.

Sementara itu, Plt. Sekretaris Ditjen Diktiristek Tjitjik Sri Tjahjandarie menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai ajang bagian dari Kampus Merdeka untuk menyiapkan para mahasiswa sebagai talenta-talenta muda yang siap untuk bersaing dalam dunia global. “KMI Expo ini menjadi salah satu dari konsep pendidikan Indonesia agar kita bisa menciptakan SDM-SDM unggul yang mempunyai keterampilan spesifik,” ujar Tjitjik.

Tjijik menambahkan bahwa peserta KMI Expo sudah menjadi pemenang yang mendapatkan pengalaman dan ilmu dari rekan-rekan yang berkontribusi pada KMI Expo. “Pengalaman dari kegiatan ini menjadi pengalaman yang sangat berharga dan menjadi kenangan yang tidak terlupakan karena ini adalah bagian dari torehan kehidupan anda semua. Kegiatan ini menjadi bagian yang memberikan warna dalam perjalanan hidup anda kedepan serta menjadi tinta emas yang kemudian bisa anda sampaikan kelak,” tutup Tjitjik.

Baca Juga :  KKN Tematik, Dorong Pengendalian Covid-19 dan Percepat Pemulihan Bali

Rektor UPN Veteran Jawa Timur Akhmad Fauzi menyampaikan apresiasi serta terima kasih kepada seluruh perguruan tinggi dan peserta kegiatan KMI Expo XIII 2022 atas peran serta antuasias dalam mengikuti kegiatan ini.

“Ini menjadi dorongan yang luar biasa agar berkembangnya ekonomi Indonesia. Kepada mahasiswa, kembangkan terus apa yang sudah diperoleh, dihasilkan dan terus kembangkan kreativitasnya sehingga produk-produk yang selama ini masih belum terealisasi bisa terus dikembangkan untuk mendorong ekonomi nasional ini,” ujar Fauzi.

Acara penutupan turut dihadiri oleh perwakilan kemahasiswaan masing-masing perguruan tinggi, para wakil rektor, pendamping dan seluruh peserta KMI Expo XIII 2022 dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Pada kesempatan ini turut disampaikan pengumuman serta pemberian piagam penghargaan untuk para peserta yang memenangkan berbagai kompetisi utama dan penunjang dari masing-masing kategori.

(YH/DZI/FH/DH/NH/SH/MSF)

Humas Ditjen Diktiristek
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman : www.diktiristek.kemdikbud.go.id
FB Fanpage : @ditjen.dikti
Instagram : @ditjen.dikti
Twitter : @ditjendikti
Youtube : Ditjen Diktiristek
E-Magz Google Play : G-Magz
Tiktok : Ditjen Dikti

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
782 Views