Dua Mahasiswa IISMA Menghadiri Open Ship KRI Bima Suci TNI AL dan AAL Kartika Jala Krida di Australia

Dalam rangka kerja sama misi pelayaran diplomasi oleh TNI AL dan AAL Kartika Jala Krida, dua awardee IISMA yang berkuliah di University of Sydney, Maria Joscelyn Prabowo dari Universitas Multimedia Nusantara dan Tania El Mahrunissa dari Universitas Brawijaya, menghadiri Open Ship KRI Bima Suci di Dermaga HMAS Kuttabul, Sydney, pada 11 September 2022. Dalam kegiatan ini, kedua awardee IISMA ini memperluas jejaring dan pengetahuannya dengan para taruna angkatan laut dari seluruh dunia. Mereka juga menghadiri Marching Band Genderang Suling Gita Jala Krida dan Cokctail Party Diplomatic Reception pada tanggal 12 September 2022 sebagai rangkaian dari kegiatan misi pelayaran diplomasi ini.

“Di sana, kami menjalin relasi dengan Indonesian Diaspora di Sydney serta para taruna. Dari rangkaian kegiatan ini kami mengetahui bahwa Cocktail Party merupakan kebiasaan yang selalu dilakukan oleh navy di seluruh dunia dalam rangka acara perpisahan sebelum mereka kembali berlayar ke Cairns dan sekaligus untuk memperingati Hari Kemerdekaan ke-77 RI. Pengalaman ini memberikan kami pengetahuan terkait budaya navy di seluruh dunia serta dapat mempererat hubungan dengan Indonesian Diaspora di Sydney”, ucap Maria dan Tania.

Baca Juga :  Digitalisasi Inovasi, Upaya Wujudkan Kedaulatan Bangsa melalui Pembangunan Kedaulatan Pangan Berbasis Teknologi

KJRI di Sydney mengontak kedua awardee IISMA ini sebagai perwakilan mahasiswa IISMA yang sedang belajar di Sydney untuk mengikuti kegiatan ini. Mereka berkesempatan bertemu dengan Royal Australian Navy, TNI AL, pihak KJRI, pejabat diplomatik, dan tamu-tamu kehormatan lainnya. Rangkaian sambutan acara ini disampaikan oleh Royal Australian Navy, Komandan Satgas KJK, Ms. Margareth Piper dari Multicultural New South Wales serta ditutup oleh penampilan budaya dari para taruna.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Chief of Navy Royal Australian Navy Vice Admiral Mark Hammond, TNI AL dan Akademi Angkatan Laut Komandan Satgas KJK Letkol Laut (P) M. Sati Lubis, Atase Pertahanan RI di Canberra, Australia Laksamana Pertama TNI A. AG. B. Oka Wirayudhatama, serta Consul General NSW, Queensland dan South Australia Vedi Kurnia Buana.

“Kedatangan kapal Bima Suci di Australia adalah dalam rangka muhibah persahabatan untuk memberikan training dan pengalaman bagi para tarunanya. Tidak hanya dalam rangka misi kemiliteran saja, kunjungan persahabatan ini juga menyentuh aspek-aspek lainnya seperti budaya, ekonomi, politik dan promosi pariwisata Indonesia,” ucap Oka Wirayudhatama.

Baca Juga :  Penguatan Pendidikan Karakter Mahasiswa melalui Kampus Mengajar

Senada dengan hal tersebut, Vedi Kurnia Buana mengatakan bahwa kehadiran kapal militer di Sydney memiliki tujuan lebih dari dekedar misi kemiliteran, yakni membawa pesan perdamaian dan membangun hubungan baik antar masyarakat khususnya masyarakat Indonesia dan Australia.

Rachmat Sriwijaya, Ketua Program IISMA, dalam beberapa kesempatan senantiasa mengingatkan para awardee untuk memaksimalkan waktu dan kesempatan mereka di luar negeri untuk menimba ilmu pengetahuan dan budaya negara setempat sekaligus memperkenalkan budaya Indonesia. Keikutsertaan dua awardee IISMA di kegiatan misi pelayaran ini di Australia adalah salah satu bentuk implementasi pesan-pesan tersebut.
(YH/DZI/FH/DH/NH/SH/MSF)

Humas Ditjen Diktiristek
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman : www.diktiristek.kemdikbud.go.id
FB Fanpage : @ditjen.dikti
Instagram : @ditjen.dikti
Twitter : @ditjendikti
Youtube : Ditjen Diktiristek
E-Magz Google Play : G-Magz
Tiktok : Ditjen Dikti

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
198 Views