AWARDEES IISMA CHULALONGKORN MEMPERKENALKAN BUDAYA INDONESIA DI THAILAND

Phetchaburi, 6 Desember 2022 – Awardees IISMA Chulalongkorn University berpartisipasi pada the 11th Phetchaburi Rajabhat University (PBRU) International Music and Dance Festival di Provinsi Phetchaburi pada tanggal 5-6 Desember 2022. Rangkaian kegiatan tersebut dimulai dengan Opening Ceremony yang menampilkan berbagai tarian tradisional Thailand disertai dengan persembahan dari negara-negara lain seperti Indonesia, India, dan Bangladesh. Negara lain yang turut berpartisipasi dalam acara ini adalah Korea Selatan, Malaysia, serta Filipina. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Privy Councillor Air Chief Marshal Chalit Pukbhasuk serta Gubernur Provinsi Phetchaburi, Nattachai Nampoonsuksan. Dalam sambutan pembukaannya, Gubernur Phetchaburi menyatakan bahwa acara ini bertujuan untuk membangun hubungan dan persatuan terutama antar negara-negara ASEAN.

Acara yang berlangsung dari tanggal 5-7 Desember ini menghadirkan lebih dari 1000 penonton tiap harinya. Awardees Chulalongkorn mendapatkan kesempatan dari KBRI Bangkok untuk merepresentasikan Indonesia dengan membawakan medley nyanyian dan tarian 6 lagu tradisional daerah Indonesia yakni Padang Bulan dari Jawa Tengah, Galang Bulan dari Bali, Potong Padi dari Minahasa, Ampar-Ampar Pisang dari Kalimantan Selatan, Soleram dari Riau, dan Sik-sik Sibatumanikam dari Sumatera Utara.

Baca Juga :  Plt. Dirjen Diktiristek Dorong Humas Jadi Penggerak Ekosistem Inovasi

Selain menampilkan pertunjukan, awardees Chulalongkorn juga turut serta menjaga booth yang berisi kerajinan tradisional Indonesia seperti topeng batik, wayang golek, serta mempromosikan pariwisata Indonesia kepada para pengunjung. Berpartisipasi dalam kegiatan PBRU International Music and Dance Festival ini adalah sebuah kebanggaan dan kebahagiaan bagi para awardees Chulalongkorn karena dapat merepresentasikan Indonesia secara baik selama melakukan pertukaran pelajar di Thailand.

Enam awardee IISMA di Chulalongkorm University terdiri dari Aurelia Sherrylin Rosannedari Universitas Bina Nusantara, Duta Prasetyo Aji dari Universitas Negeri Yogyakarta, Karen Christy Wibowo dari Universitas Sebelas Maret, Kevin Nathaniel dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Putri Faiqdini Baihaqi dari Institut Bio Scientia Internasional Indonesia, dan Reztha Audia Yusicka dari Universitas Negeri Yogyakarta.
Ketua Program IISMA, Rachmat Sriwijaya, berpesan kepada para awardee IISMA bahwa mereka merupakan duta bangsa yang harus siap mempromosikan seni dan budaya dari Indonesia di kancah internasional. Hal ini sejalan dengan pesan Plt. Direktur Pembelajaran dan kemahasiswaa, Sri Gunani Partiwi, “Kami mengharapkan program ini dapat menjadi momentum bagi para awardees IISMA untuk terus menjaga nama baik Indonesia di negara tujuan karena adik-adik awardees merupakan tumpuan bagi negara Indonesia untuk menjadi pemimpin global kedepannya. Kami harap adik-adik memperoleh pengalaman yang komprehensif di Bangkok, tidak hanya pengalaman akademik tetapi juga membangun jejaring seluas-luasnya dan belajar budaya semaksimal mungkin. Ini merupakan kesempatan yang sangat baik dan merupakan anugerah untuk adik-adik sehingga manfaatkanlah sebaik-baiknya,” papar Sri Gunani Partiwi, seperti dikutip dalam rilis Ditjen Diktiristek di Jakarta, Rabu (21/9/2022).
(YH/DZI/FH/DH/NH/SH/MSF)

Baca Juga :  Keberlanjutan Program KKN-T, Ditjen Dikti Adakan Seminar Mengawal Kolaborasi Perguruan Tinggi dan Wilayah

Humas Ditjen Diktiristek
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman : www.diktiristek.kemdikbud.go.id
FB Fanpage : @ditjen.dikti
Instagram : @ditjen.dikti
Twitter : @ditjendikti
Youtube : Ditjen Diktiristek
E-Magz Google Play : G-Magz
Tiktok : Ditjen Dikti

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
598 Views