Panduan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan 2024

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan kegiatan kurikuler perguruan tinggi yang memadukan dharma pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat sekaligus dalam satu kegiatan. Di beberapa perguruan tinggi, KKN merupakan bagian integral dari kurikulum yang mengintegrasikan pengalaman belajar mahasiswa dengan realitas kehidupan di masyarakat. Program ini dimaksudkan agar mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang didapatnya di perguruan tinggi, mengembangkan soft skills, mematangkan kepribadian guna menumbuhkan jiwa kebangsaan atau cinta tanah air, serta rasa percaya diri dalam mempersiapkan diri menghadapi realitas kehidupan sosial kemasyarakatan, belajar bersama masyarakat, dan turut memberdayakan masyarakat di lokasi kegiatan. Dengan demikian, setiap kegiatan program KKN dijiwai oleh semangat kerja dan kebersamaan antar mahasiswa maupun antara mahasiswa dengan masyarakat serta para pemangku kepentingan lainnya guna membantu menyelesaikan permasalahan nyata yang dihadapi oleh masyarakat.

Kegiatan KKN tidak hanya sekadar aktivitas pengabdian serta penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi di tengah masyarakat saja, akan tetapi dikembangkan sebagai media efektif bagi mahasiswa dalam melakukan proses pembekalan diri melalui pemberdayaan masyarakat. Oleh sebab itu, rangkaian program KKN disusun secara terencana, terstruktur, bertahap, serta dirancang dan dipersiapkan secara matang agar mampu melahirkan perubahan-perubahan positif berkelanjutan dalam penyelesaian masalah-masalah yang dihadapi masyarakat oleh mahasiswa dan masyarakat itu sendiri.

Setiap kegiatan KKN dijiwai oleh semangat bekerja bersama masyarakat dan berbagai pemangku kepentingan yang lain. Dengan demikian, permasalahan yang dihadapi masyarakat dapat diselesaikan secara integratif dan menyeluruh dengan melibatkan potensi dari berbagai pihak terkait yang memosisikan masyarakat sebagai pelaku/pemeran penting. Kegiatan KKN tidak hanya sekadar sebagai aktivitas pengabdian dengan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi oleh mahasiswa yang didampingi dosen pembimbing lapangan di tengah masyarakat.

Pelaksanaan KKN memungkinkan tumbuhnya sinergi kemitraan dari berbagai pihak (perguruan tinggi, masyarakat, pemerintah, dunia usaha, dunia industri, dan berbagai lembaga profesi maupun organisasi kemasyarakatan) untuk menyelesaikan permasalahan secara kolaboratif integratif dan menyeluruh dengan menerapkan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan. Dengan demikian, KKN juga merupakan kegiatan education for sustainable development bagi civitas academica perguruan tinggi, masyarakat, dan segenap umat manusia pada umumnya. Melalui kegiatan KKN ini, perguruan tinggi diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang memiliki empati dan peduli terhadap permasalahan di masyarakat serta memiliki kecakapan kepemimpinan yang unggul. Dalam penyelenggaraan KKN, masing-masing perguruan tinggi sesuai dengan visi dan misi, menyusun proses pelaksanaan dan tata kelola pelaksanaan KKN sesuai dengan sumber daya, situasi, dan kondisi masing-masing perguruan tinggi dan masyarakat sasaran.

Baca Juga :  MAHASISWA WIRAUSAHA INDONESIA TRAJEKTORI 2019-2022

Dalam perkembangannya, banyak perguruan tinggi di Indonesia telah menjadikan program KKN sebagai mata kuliah wajib, bahkan dijadikan salah satu kanal program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM). Kegiatan KKN dirasakan sangat memberi manfaat kepada mahasiswa, perguruan tinggi, masyarakat, dan pemerintah. Oleh karena itu, setiap mahasiswa diwajibkan mengikuti program KKN sebelum menyelesaikan studinya di program sarjana di semua program studi. Program KKN menjadi kegiatan reguler yang dilaksanakan di setiap semester dengan bobot sks tertentu. Hal ini akan memudahkan mahasiswa mengikuti KKN secara bersamaan dengan kegiatan perkuliahan semester di masing-masing program studi. Namun, kegiatan KKN dapat pula dilaksanakan secara khusus di antara dua semester berjalan, sehingga mahasiswa secara khusus, hanya memfokuskan diri mengikuti kegiatan KKN dengan tema-tema tertentu yang ditetapkan oleh perguruan tinggi.

Semangat pengembangan kegiatan KKN dan kolaborasi antarperguruan tinggi tersebut perlu didukung dan ditindaklanjuti dalam satu wadah kegiatan yang bersifat nasional. Perlu dicatat, pelaksanaan KKN yang telah berlangsung empat dasawarsa hanya dilaksanakan secara sektoral dan regional. KKN yang bersifat nasional dan melibatkan berbagai perguruan tinggi di tanah air sudah berlangsung sejak lama, yang dilaksanakan secara bergilir di berbagai tempat di seluruh tanah air sebagai program terstruktur dan berkelanjutan, yang dimotori/diselenggarakan oleh kementerian (Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan) bekerja sama dengan berbagai perguruan tinggi dan mitra kerja sama lainnya. Kegiatan ini kemudian dikenal sebagai KKN Kebangsaan.

Baca Juga :  EVALUASI PERJALANAN PKM (Program Kreativitas Mahasiswa)

Seiring dengan perkembangannya, pelaksanaan KKN Kebangsaan sudah menjadi ajang kegiatan berskala nasional, yang dalam kegiatan ini terlibat berbagai perguruan tinggi tidak hanya melaksanakan KKN di wilayah lokasi perguruan tingginya saja, tetapi juga ke berbagai daerah, provinsi, dan kabupaten di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, termasuk ke wilayah daerah terluar, terdepan, dan tertinggal (3T), dan bahkan ke daerah dan wilayah perbatasan negara.

KKN Kebangsaan dilaksanakan oleh satu perguruan tinggi yang ditetapkan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, diikuti oleh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. KKN Kebangsaan setara dengan mata kuliah KKN di perguruan tinggi yang ada di Indonesia, sehingga nilai yang didapat mahasiswa dalam KKN Kebangsaan ini dapat menjadi nilai mata kuliah KKN di perguruan tinggi yang bersangkutan.

KKN Kebangsaan adalah program Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan yang melibatkan perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta dari seluruh tanah air, bahkan dapat juga diikuti perguruan tinggi dari negara sahabat. KKN Kebangsaan menjadi program nasional yang dilaksanakan untuk menumbuhkembangkan rasa cinta tanah air, wawasan, dan jiwa kebangsaan serta patriotisme mahasiswa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). KKN Kebangsaan menjadi wadah komunikasi, pertukaran ide serta membangun jejaring awal bagi mahasiswa dari seluruh tanah air dalam mempersiapkan dan mematangkan diri sebagai calon-calon pemimpin bangsa di masa yang akan datang. KKN Kebangsaan diharapkan juga dapat meningkatkan wawasan kebangsaan mahasiswa dan mengenal tanah air Indonesia secara utuh menyeluruh dan siap mengabdikan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kepentingan bangsa dan negara.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (3 votes, average: 2.67 out of 5)
Loading...
BACA UNDUH